Wajib Baca Ini Ketika Membeli Apartemen Tangan Kedua

Posted on

tips membeli apartment second

Tips membeli apartemen second – Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memiliki apartemen, yaitu membeli dari pengembang (tangan pertama) atau pemilik sebelumnya (tangan kedua). Jika Anda berencana membeli apartemen dari tangan kedua, perhatikanlah hal-hal di bawah ini.

Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Ibukota Jakarta dan sekitarnya, waktu merupakan sesuatu yang sangat mahal. Dalam praktiknya, kemacetan di ibukota menjadi kendala utama yang mengakibatkan waktu terbuang percuma.

Tak heran, jika banyak masyarakat ingin memiliki hunian yang dekat dengan segala akses. Baik akses menuju fasiltas umum, hiburan, bahkan tempat kerja. Oleh sebab itu, bagi masyarakat yang memiliki kocek berlebih, pasti lebih memilih untuk tinggal di apartemen yang dekat menuju akses-akses di atas.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli apartemen, ada 2 cara yang seringkali dilakukan. Pertama, Anda bisa membeli apertemen dari pihak pertama yakni pengembang. Kedua, Anda juga bisa membeli apartemen dari secondary market (pihak sebelumnya).

Bagi Anda yang berencana membeli apartemen dari tangan kedua. Ada beberapa poin penting yang mesti Anda perhatikan dan pertimbangkan. Tujuannya, agar nantinya tidak terjadi kekecewaan di kemudian hari. Lantas, apa sajakah yang perlu dicermati?

Tips membeli apartemen

  1. Pastikan bahwa pemilik lama telah melunasi tagihan-tagihannya. Sebagai contoh, service charge, listrik, telepon, air dan PBB. Nah, Anda bisa langsung mendatangi bank tempat pembayaran PBB atau ke kantor pajak setempat untuk memeriksanya.
  2. Agar dapat bersoliasisasi dengan mudah, ada baiknya mengetahui karakter tetangga dan lingkungan sekitar Anda. Jika Anda memiliki hubungan baik dengan tetangga dan lingkungan sekitar, hal tersebut akan menjadi manfaat tersendiri bagi Anda di kemudian hari.
  3. Tanyakan kepada pengelola mengenai sistem perawatan, fasilitas yang diberikan, dan bagaimanakah cara penggunaannya. Misalnya saja, penggunaan ruang serbaguna, parkir kendaraan, dan fasilitas olahraga. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi secara detail dan menjadi bekal untuk bahan pertimbangan Anda.
  4. Tak lupa untuk memperhatikan kondisi peralatan yang ada seperti lift, hindran, dan sebagainya. Alat-alat tersebut sudah seyogyanya disediakan untuk memudahkan dan membantu Anda beraktivitas, jangan sampai kerusakan atau kendala pada alat tersebut di atas malah menyusahkan Anda nantinya.
  5. Tanyakan laporan keuangan dan pengelolaannya kepada perhimpunan penghuni yang ada.
  6. Usahakan untuk mencari tahu berapa unit telah dihuni dan berapa unit yang masih kosong. Karena, hal tersebut berpengaruh pada kenyamanan untuk tinggal di sana.

Itulah tips dalam membeli apartemen second, semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini ingin membeli apartemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *