Tips Membangun Dinding Rumah

Posted on

tips membangun dinding rumah

Tips Membangun Dinding Rumah Agar Awet – Dinding termasuk elemen rumah yang memiliki fungsi penting. Tak heran, jika elemen ini harus berdiri kokoh agar dinding rumah minim masalah.

Dinding rumah rentan terkena masalah, seperti rembes, berjamur, retak, dan adukan plesterannya lepas. Agar dinding rumah minim masalah, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan.

1. Perhatikan Perbandingan Plesteran

Jika Anda memilih semen instan, Anda tidak perlu direpotkan dengan membuat adonan yang tepat. Cukup tambahkan air sesuai takaran, dan adonan plesteran pun siap dipakai untuk membangun dinding rumah Anda.

Tetapi, jika Anda menggunakan semen konvensional, perhatikan komposisinya: 3 pasir dan 1 semen, sengan air secukupnya. Jangan sampai Anda kelebihan pasir atau kekurangan semen karena akan membuat dinding rumah Anda rapuh.

Perhatikan juga penggunaan airnya. Jangan menggunakan air sungai yang sudah tercemar atau air selokan karena terdapat material yang membuat dinding Anda bermasalah. Anda harus menggunakan air bersih.

2. Basahi Bata Sebelum pemasangan

Agar plesteran dan batu bata memiliki ikatan yang kuat, basahi bata terlebih dahulu sebelum proses pemasangan. Tak sulit melakukannya, cukup basahi bata dengan air biasa. Hanya pastikan para tukang bangunan melakukannya dengan benar.

3. Hindari Membangun Rumah pada Musim Hujan

Mengapa? Karena jika membangun pada musim seperti ini, material penyusun rumah akan mengandung kadar air yang tinggi hingga tahap jenuhnya. Setelah selesai pembangunan, material akan mengandung air berlebihan dan menyebabkan rembes.

4. Waspadai Rumah Bersebelahan dengan Lahan Kosong

Bila disatu sisi ada keuntungan-keuntungan yang didapat dari rumah disebelah lahan kosong, Anda juga perlu memerhatikan ketinggian tanah lahan ini. Bila terjadi hujan, pastikan air tidak menggenang dalam waktu lama di lahan kosong tersebut dan menempel pada dinding rumah.

Jika dibiarkan, lama-kelamaan air dapat merembes lewat dinding rumah Anda. Tak hanya di lahan kosong, pada lorong kecil juga ada kemungkinan masalah ini terjadi.

5. Pastikan Ventilasi Cukup

Bila hal-hal pencegahan di atas sudah Anda lakukan tapi dinding rumah masih tetap lembap, perhatikan sirkulasi udara dengan dinding. Ruangan yang kurang sirkulasi udara sangat mungkin meningkatkan kelembapan, apalagi jika curah hujan tinggi. Jendela yang lebar dapat menampung banyak sinar matahari sehingga mengusir lembap serta bau apek.

Demikian ulasan mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan saat membangun dinding rumah Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya oleh Griyaanda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *