Ingin Menggunakan Kayu Bekas Sebagai Furnitur? Baca Ini Dulu

Posted on

kayu bekas untuk furnitur

Ingin Menggunakan Kayu Bekas Sebagai Furnitur? – Kayu sekarang masih menjadi material favorit untuk furnitur interior rumah. Namun, kayu bukan barang yang murah. Untuk meminimalisir bujet, olah saja dari kayu bekas atau sisa.

Anda ingin membuat furnitur di rumah, seperti meja makan atau lemari, dari material kayu tetapi dananya kurang? Anda bisa menggunakan kayu bekas atau kayu sisa.

Jika di rumah punya stok kayu lebih, Anda bisa menggunakannya. Jika tidak, Anda bisa membeli material kayu sisa di material bongkaran.

Biasanya, harga kayu bekas jauh lebih murah, bahkan perbedaan harganya bisa mencapai 70% dibanding kayu utuh yang belum digunakan. Walau begitu, perhatikan hal berikut ini, agar apa yang Anda beli tetap bermanfaat.

Tips memilih kayu bekas untuk furnitur

  • Meskipun barang bekas, sebelum memutuskan membeli, pilihlah kayu yang masih layak digunakan. Misal, kriterianya tidak keropos, minim cacat, dan kuat.
  • Jangan lupa untuk membeli kayu bekas sesuai kebutuhan. Jika memang berniat membeli kayu untuk meja makan, beli yang bentuk dan ukurannya mendekati kerangka meja dan alas meja. Misal, rangka kaki kayu meja membutuhkan ukuran minimal 4cm x 4cm dengan panjang minimal 75cm, maka belilah yang sama atau lebih besar dari itu. Jangan membeli yang ukurannya lebih kecil.
  • Perhatikan juga kelurusan dan ukuran kayu. Jangan sampai Anda membeli kayu yang bengkok dan ukuran yang tidak pas untuk kebutuhan furnitur Anda.
  • Ketok kayu untuk memastikan kekuatannya. Jika memang memungkinkan, naiki kayu tersebut dengan badan Anda untuk mengetahui kekuatannya.

kayu bekas untuk furnitur

Dengan memerhatikan beberapa hal di atas, Anda bisa menggunakan kayu bekas tersebut untuk diubah menjadi furnitur yang menarik serta menambah keindahan rumah Anda.

Griyaanda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *