Dekorasi Ruang Keluarga Agar Tampil Eklektik

Posted on

dekorasi eklektik ruang keluarga

Desain Eklektik Ruang Keluarga. Di tahun 2012 lalu, konsep eklektik mampu menggeser desain rumah minimalis dan bahkan menjadi trend desain interior di tahun tersebut. Secara estetika, gaya eklektik yang muncul pada abad ke-20 sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran itu berkaca pada gaya masa lampau.

Seorang desainer interior dari RuangKarya yakni Patricia Herdita, mengatakan “desain eklektik kini dapat dimaknai sebagai penggabungan dari gaya modern dengan ciri khas tradisional”. Menurutnya, Gaya eklektik yang sekarang ini banyak digemari oleh masyarakat kita, karena Indonesia sendiri memiliki kekayaan budaya, seni dan tradisi yang bisa dipadukan, tidak hanya dari satu konsep daerah saja”.

Lantas, bagaimana tips mendekorasi ruang keluarga agar tampil eklektik?

Ternyata caranya sangat simple dan gampang untuk menyulap ruang keluarga modern menjadi ekliktik. Anda hanya perlu menyiapkan Kanin Tenun dalam memberikan sentuhan eklektik untuk mempercantik ruang keluarga. Ya… hanya bermodalkan kain tenun, Anda dapat memiliki ruangan dengan konsep eklektik.

Nah… setelah kain tenun sudah siap, selanjutnya tentukan dimana kain tenun itu akan ditempatkan. Sebagai hiasan di sofa? Sampirkan selendang tenun tadi ke sandaran dan lengan sofa. Desain modern dari sofa pun berpadu apik dengan tampilan etnik kain tenun.

Menjadikan kain tenun sebagai pengganti table runner? Percantik coffee table dengan menempatkan selendang sebagai taplak. Punya koleksi sarung bantal berbahan tenun? Aplikasikan pada cushion di sofa atau karpet. Beres sudah. Hanya dengan sentuhan kecil begini, ruang keluarga bergaya modern tampil baru. Bersanding dengan nilai-nilai tradisional, jadi gaya eklektik yang menggelitik mata untuk melirik.

Indonesia ini kaya sekali dengan ragam kain tradisional. Tenun sendiri, dari Sabang sampai Merauke, punya motif dan warna-warna yang khas. Maka jangan disia-siakan, bukan cuma buat urusan fesyen. Untuk percantikan interior pun terbukti manjur bikin ruangan makin menarik.

Tips desain eklektik

  • Hindari penggunaan kain tenun secara berlebihan. Mentang-mentang senang dengan motif dan warnanya, lantas dipajang dimana-mana. Kalau demikian akhirnya ruangan jadi penuh dengan tenun, perpaduannya jadi terlihat elegan lagi. Jadi, aplikasikan sedikit saja, jadikan tenun hanya sebagai aksen.
  • Selain kain tenun, untuk menerapkan desain eklektik, Anda bisa memakai kembali barang-barang warisan dari nenek-kakek Anda. Seperti gebyog dari Jawa Tengah, dipan Jepara dengan bantal bersulam atau bordir, memakai ulos sebagai pajangan dinding, kusen atau jati tua, atau lantai teraso.

OK. Semoga dapat menginspirasi Anda semua untuk menghadirkan konsep eklektik di rumah idaman keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *