9 Tips Praktis Agar Ruang Sempit Terlihat Luas

Posted on

tips ruang sempit terlihat luas

Tips Praktis Agar Ruang Sempit Terlihat Luas – Anda stres tinggal diruang yang sempit? Dengan beberapa cara sederhana, Anda dapat membuat ruang sempit terlihat luas. Berikut tipsnya!

Semua orang ingin memiliki rumah dengan lahan luas sehingga terasa lega. Kenyataannya, zaman sekarang sulit menemukan kriteria di atas. Selalu saja hal tersebut terbentur dengan minimnya lahan besar dengan harga yang murah.

Jika Anda terpaksa memiliki rumah dengan ruang sempit, tak perlu bersusah payah mengubah struktur dan merenovasi seluruhnya. Anda bisa mengatasinya dengan 9 tips praktis berikut yang membuat ruang sempit di rumah Anda terlihat luas.

Tips mengatur ruang sempit agar tampak luas

  1. Tinggalkan furnitur yang memberi kesan berat atau bulky. Pilih furnitur yang “langsing” dan ringan. Dengan begitu, ruang sempit Anda terasa lebih luas.
  2. Pilih semua jenis kursi yang berkaki ramping dan terbuka area bawahnya. Hindari kursi yang seluruh badannya menempel ke lantai atau bagian kakinya menutup area bawah. Ini akan memberi kesan padat pada ruang sempit Anda.
  3. Seperti layaknya menggunakan pakaian warna cerah, cat warna terang pun dapat membuat ruangan nampak lebih lega. Jadi, gunakan warna-warna terang pada seluruh permukaan lantai, dinding, dan plafon. Jangan gunakan terlalu banyak warna, karena bisa membuat ruang sempit terasa semakin penuh.
  4. Pasang cermin besar di salah satu sisi. Secara visual, cermin dapat “menambah” luas ruangan menjadi 2 kali lipat.
  5. Agar pandangan tidak terbatas, berilah banyak bukaan berukuran lebar. Jendela juga bisa “mencuri” pemandangan dari halaman, sehingga ruangan terasa lebih lapang.
  6. Gunakan rak atau lemari yang berukuran rendah. Dengan begitu, permukaan dinding akan tetap terlihat. Permukaan dinding yang tetap terlihat secara psikologis dapat membuat ruangan terasa lega.
  7. Jangan pakai hiasan atau aksesori terlalu berlebihan di ruang sempit karena akan membuat ruang di rumah Anda mengecil dan bikin sumpek. Tak lupa, jangan juga menaruh lukisan yang terlalu besar di sana.
  8. Bagi Anda yang suka mengoleksi pajangan, ada baiknya Anda tidak mengoleksinya dalam sebuah lemari besar. Anda bisa menaruh beberapa koleksi pajangan Anda dengan menghadirkan beberapa ambalan.
  9. Pilihlah furnitur yang warnanya senada atau sama dengan warna dinding. Dengan cara ini, furnitur seakan tertarik ke arah dinding dan ruang sempit Anda akan terasa lebih luas.

Nah, begitulah kira-kira tips membuat ruang sempit terlihat luas. Selamat mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *